Rabu, 31 Maret 2010

Kelebihan-Kerugian Tata Ruang Kantor

Sekretaris Politama | Buat Lencana Anda

Keuntungan-keuntukan tata ruang kantor yang terbuka adalah;
a. Pengawasan lebih baik,
b. Penghematan ruang lantai
c. Penataan tata ruang yang lebih fleksibel
d. Penghematan ruangan
e. Penempatan dan penggunaan mesin-mesin dan perlengkapan yang lebih baik
f. Pengurangan dan penambahan personil lebih mudah dilaksanakan



Kerugian-kerugiannya adalah:
a. Keamanan berkurang untuk pekerjaan yang bersifat rahasia dan penanganan uang
b. Gangguan tamu dan pergerakan umum
c. Kebisingan umum
d. Penyakit menular dapat menyebar
e. Penurunan semangat kerja karena adanya penyeragaman yang nyata dan kehilangan individualitas/privacy serta berkurangnya rasa memiliki kepedulian terhadap kelompok kerja
f. Kehilangan status yang nyata dikalangan staf senior (untuk perusahaan)
Selengkapnya...

TATA RUANG KANTOR YANG BAIK

Persyaratan tata tuang kantor yang baik harus mempunyai persyaratan sebagai berikut:
1. Tuang yang tersedia dapat dipergunakan secara efisien.
2. Tersedianya pelayanan-pelayanan yang menunjang pekerjaan kantor(telepon,tenaga listrik,komputer dll)
3. Pimpinan dapat dengan mudah melakukan pengawasan
4. dapat tercapainya dan terpeliharanya rasa kesatuan dan kesetiaan diantara para pegawai
5. Terciptanya komunikasi dan arus kerja lebih lancar
6. Mobilitas pegawai tidak terganggu oleh letak dan susunan perlengkapan kantor (meja, kursi, lemari, mesin)
7. Perlengkapan kantor yang mengganggu supaya ditempatkan pada ruang terpisah
8. Susunan tempat dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan dan sewaktu-waktu
Selengkapnya...

Kamis, 25 Maret 2010

Proposal PKM Sekretaris Lolos DIKTI

Sekretaris Politama | Buat Lencana Anda
Di jaman yang serba ekonomi susah sekarang ini, pengangguran dimana-mana, PHK yang mendorong terjadinya pengangguran. Di butuhkan ketrampilan yang dapat membangkitkan perekonomian mereka, misalnya dengan bakat dan minat yang mereka miliki. Mereka dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Misalnya membuka usaha baru, mengasah ketrampilannya sehingga dapat mewujudkan cita-citanya yang sempat terpendam. Setelah merasa berhasil barulah mengajak orang lain ikut dalam apa yang ditekuninya.
Sebagai seorang sekretaris kudu mengetahui situasi di sekeliling seperti apa. Dia dapat memanfaatkan waktu agar efisien dan bermanfaat. Dengan situasi seperti di atas sekretaris POLITAMA memiliki gagasan untuk membuat suatu pelatihan untuk buruh, wiraswasta, atau karyawan yang telah di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Pelatihan membuat suatu ketrampilan tangan dengan media manik-manik yang dirangkai menjadi jalinan-jalinan yang indah. Ketrampilan tersebut dapat dikatakan seni payet. Payet bermanfaat untuk memperindah busana, aksesoris, dll. Di Solo telah menjadi kota wisata seni Payet saya rasa cocok untuk sofenir para turis yang datang ke solo.. Nah, pasti teman-teman tahu bagaimana keindahan seni payet bukan. susah-susah gampang memang untuk membuatnya menjadi jalian-jalian yang indah, maka dari itu diperlukan suatu kesabaran dan ketelitian yang tinggi. Sekretari POLITAMA akan mengadakan pelatihan tersebut pada tanggal 4 Maret 2010 mendatang, dengan sasaran para masyarakat Surakarta yang memiliki KTP dengan pekerjaan buruh, wiraswasta, atau karyawan. Dengan Dosen pembimbing Hj. Siti Achaliyah, S.Sos serta ketua Lia Trisnawati, anggota Veni dan Rully. semoga pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan suatu apapun. Selengkapnya...

Rabu, 24 Maret 2010

Judul Proposal PKM Sekretaris POLITAMA lolos DIKTI

Jantung pisang merupakan bahan makanan yang populer pada masa dahulu. Biasany para masyarakat di pedesaan memanfaatkannya sebagai sayur atau gudangan.

Jantung pisang adalah bunga dari tanaman buah pisang yang tumbuh subur di tanah Indonesia tercinta ini. Buah pisang yang merupakan tanaman asli dari Indonesia ini tidak hanya dibuat sebagai sayur saja tetapi juga dapat disulap menjadi panganan teman makan teh yang nyamy. selain buahnya yang manis dapat dimakan langsung maupun diolah menjadi panganan seperti keripik, pisang goreng dll. Jantung pisang jg dapat dimanfaatkan menjadi dendeng. Jurusan sekretari dengan pembimbing ibu Hj.Siti Achaliyah, S.Sos ketua penelitian Atin Wibowo dan anggotanya Seno Ersan dan Dika Pramesta mendapatkan gagasan untuk membuat dendeng dengan bahan dasar jantung pisang, yang biasanya jantung pisang dibuang begitu saja, namun di tangan mereka jantung pisang dapat disulap menjadi sesuatu yg lebih bermanfaat.
Selengkapnya...

Minggu, 14 Maret 2010

JURUSAN PRATAMA MULIA

Sekretaris Politama | Buat Lencana Anda
Politeknik Pratama Mulia Surakarta memiliki 8 Jurusan yang diunggulkan.
1. D3 Teknik Mesin
Mahasiswa Teknik Mesin disiapkan untuk mampu merancang, menguasai proses permesinan, analisis, pengawasan, perawatan, perbaikan dalam prosis manufaktur dan fabrikasi, kendali, pengelolaan proses produksi dan pemeliharahaan mesin. Lulusan dari program studi ini dapat mengisi posisi sebagai teknisi, Supervisor, pemasaran di perusahaan Manufacturing, Otomotif, Kontruksi, Karoseri, beragam industri pembangkit tenaga listrik, Instruktur serta mampu berwirausahaa.

2. D3 Teknik Otomotif
Politeknik Pratama Mulia Menyiapkan SDM untuk menguasai:
a. pengetahuan dan ketrampilan dasar sampai aplikasi dan permasalahan otomotif
b. Menganalisa, merawat, melakukan proses perbaikan otomotif kendaraan rofa dua dan roda empat, serta memahami konsepkonsep teknologi otomotif dan penerapannya di dunia industri.
c. Lulusan dapat mengisi posisi sebagai teknisi, supervisor maupun pemasaran di perusahaan Manufacturing Otomotif, koroseri, bengkel dan dealer mobil atau motor, instruktur pelatihan dan berwirausaha.

3. D3 D1 Teknik Elektronika
Program Teknik Elektronika pada POLITAMA menyiapkan SDM yang professional dan kompeten di bidang teknik audio video, teknik pendingin, teknologi sellular, kendali dan computer otomatisasi industri. Mahasiswa diberi target ketrampilan pembagian pertahun dan kesempatan magang di industri. Dengan kompetensi tersebut, lulusan T.Elektronika akan mampu bekerja di berbagai industri baik swasta atau instransi pemerintah dan berwirausaha.

4. D3 Teknik Komputer
Menyiapkan SDM yang mampu menerapkan teknologi elekronika computer, hardware, software, pengolahan data elektroni, berwawasan industri dan tanggap terhadap perkembangan global dibidang komputerisasi. Disamping itu, juga menguasai pembrograman Interface yang berorientasi dan sistim analisa dengan teknik Relation Database Management System (saya tidak tahu apa artinya yang penting ditulis aja, tapi bagi orang-orang yang ngerti masalah komputer pasti paham soal itu). Lulusan dapat mengisi posisi sebagai teknisi, supervisor, manajer dan tenaga pemasaran pada perusahaan swasta berbagai industri, karyawan Bank, Instansi Pemerintah dan berwirausaha.

5. D3 Teknik Mesin
Menyiapkan mahasiswa menguasai pengetahuan dan ketrampilan dasar yaitu menganalisis, merawat, melakukan proses perbaikan otomotif untuk kendaraan roda dua, dibekali dengan pemahaman kendaraan roda empat dan konsep-konsep teknologi otomotif serta penerapannya di dunia industri kemitraan dengan industri otomotif akan selalu menyelaraskan perkembangan dunia kerja dengan materi belajar dan praktek. Lulusan dapat mengisi posisi sebagai teknisi, pemasaran diperusahaan Manufacturing otomotif, bengkel dan dealer motor dan mobil dan dapat berwirausaha sendiri

6. D3 Manajemen Perusahaan
Mencipkatan lulusan yang siap menjadi Enterpreneur, mampu mengelola dan mengembangkan perusahaan, mengaplikasikan strategi perusahaan dan mengelola komunikasi bisnis dalam bahasa Indonesia/Inggris. Lulusan siap dan mampu mengisi posisi sebagai tenaga manajemen, pemasaran, personalia di berbagai jenis perusahaan swasta, lembaga keuangan Bank/non Bank, BUMN/BUMD dan dapat berwirausaha.

7. D3 D1 Sekretari
Nah kalau jurusan Sekretari disiapkan untuk menguasai kesekretariatan, kearsipan, administrasi, kehumasan, manajemen perkantoran, manajemen kepagawaian, keorganisasian, penggunaan alat-alat kantor modern, aplikasi program computer, internet, publishing, korespondensi, dan berkomunikasi aktif dalam bahasa Indonesia/Inggris, stenografi, memahami dasar-dasar akuntansi. Jurusan sekretaris saya rasa malah dapat mencakup sebagian materi dari jurusan-jurusan lain. Lulusan sekretaris dapat mengisi Public relations dan tenaga administrasi di prusahaan swasta, perbankan, isntansi pemerintah dan dapat berwirausaha.

8. D3 D1 Akuntansi
Program ini menyiapkan mahasiswa sebagai tenaga akuntan yang profesional, terampil, mampu membuat konsep, menanalisis, dan memecahkan masalah pelaporan keuangan dengan prosedur Standar Akuntansi Keuangan (SAK), serta menggunakan data akuntansi dari manual ke program komputer dan mampu memeriksa laporan keuangan, menghitung pajak, mengisi SPT secara manual maupun komputer, dan membuat laporan akuntansi di beragam jenis perusahaan swasta, Bank/Non Bank, Instansi Pemerintah dan dapat mendirikan wirausaha sendiri.

9. D3 Manajemen Informatika
Menyiapkan SDM yang mampu menerapkan manajemen rekayasa informasi dalam kerangka system informasi berbasis computer. Juga memahami dan menguasai dasar logika pemrograman, algoritma pemrograman, serta penerapannya di bidang penyusunan program aplikasi komputer, merancang, membuat, menguji dan merawat perangkat lunak serta pemrograman dengan bahasi tingkat tinggi, mengelola, memelihara dan menjaga keamanan jaringan komputer. Lulusan dapat menisi posisi sebagai teknisi, supervisor, staf manajemen pada perusahaan, staf pemasaran di perusahaan software house, karyawan bank, instansi pemerintah dan dapat berwirausaha sendiri.

10. Digital Media
Jurusan ini merupakan jurusan baru dengan tujuan menyiapkan tenaga-tanaga terampil di bidang Produksi Siaran Digital, dan Operasional Siaran Digital, yang nantinya akan memenuhi kebutuhan Industri Penyiaran digital 3 layar, dengan memanfaatkan tenaga-tenaga pengajar yang telah berpengalaman sebagai praktisi di bidang penyiaran selama bertahun-tahun. Mereka juga ikut dalam merencanakan dan mengimplementasikan migrasi Siaran Analog ke Siaran Digital di Indonesia.
Program pendidikan ini, dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 6 bulan permodul. Total modul yang disiapkan ada 6 modul dengan sistem terminal, atau setara dengan Program Diploma 3 (D-3).
Pendidikan yang diberikan meliputi:
 Jurnalisme/komunikasi masa
 Pengoprasian kamera video digital
 Non-liener editing
 Dasar siaran digital untuk siaran terstrial, web TV, iptv Selengkapnya...

politama profil

Politeknik Pratama Mulia Surakarta didirikan oleh Yayasan Sari Baruna Asih pada tahun 1992. perintisan pendirian POLITAMA dimulai pada tahun 1992 melalui keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor: 186/Dikti/0/1992, tanggal 1 Juni 1992. pemerintah memberikan status terdaftar bagi Politeknik Pratama Mulia Surakarta dengan tiga program studi yaitu:
1. Teknik Komputer
2. Tenik Mesin
3. Sekretari
Saat ini telah mengembangkan 9 program studi yang TERAKREDITASI. Program studi tersebut adalah:
1. Sekretari
2. Akuntansi
3. Teknik Mesin
4. Teknik Otomotif
5. Teknik Komputer
6. Teknik Elektronika
7. Manajemen Informatika
8. Manajemen Perusahaan
9. Agrobisnis
Seiring dengan laju pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan tenaga kerja, POLITAMA terus menyesuaikan kurikulum, materi dan proses belajar mengajar yang didukung oleh staf-staf pengajar yang profesional, kompeten, serta peralatan laboratorium dan bengkel yang memadai.
POLITAMA akan melenkapi lulusannya dengan seritfikat bagasa asing (Inggris), yang adan dikeluarkan oleh salah satu unit usaha yang dikelola oleh YBSA, yaitu Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional (LBPP-LIA SOLO), juga sertifikat ketrampilan yang relevan, dan sertifikasi yang kompeten, yang akan sangat berguna bagi lulusan untuk mencari pekerjaan. Kerjasama dengan beragam industri dan lembaga pendidikan/pelatihan sejenis serta beragam instansi pemerintah akan terus dikembangkan, yang berkaitan dengan perbaikan kurikulum, proses belajar mengajar, tempat praktek dan magang bagi mahasiswa serta kerjasama penyerapan lulusannya.
Selengkapnya...

Kamis, 11 Maret 2010

Perbuatan dan Tanggung Jawab

B. Perbuatan Kemanusiaan
Dalam usaha manusia mencapai tujuan adalah melalui perbuatan atau aksi. Perbuatan manusia tersebut secara esensial menentukan tercapainya tindakan tujuan hidup manusia itu. Dari uraian St. Thomas maka perbuatan atau aksi dibedakan atas 2 macam:
1. perbuatan kemanusiaan (human act, actus humanus) perbuatan dengan pengertian dan kemauan, yang dilakukan di bawah kontrol budi dan will bebas.
2. perbuatan seseorang mausia (act of a man, actus humanus) adalah perbuatan kebetulan manusia yang dilakukan akan tetapi di dalam melakukannya tidak di bawah kontrol budi dan will bebas, jadi tanpa pengertian dan kebebasan.

I. Indikator-indikator perbuatan kemanusiaan.
St. Thomas mengatakan disebut perbuatan kenamusiaan ialah perbuatan-perbuatan yang dikuasai oleh budi dan willnya.
• Budi adalah perbuatan yang disadari dan atas dorongan hato nuraninya.
• Will adalah kehendak bebasnya tanpa adanya paksaan dan dilakukan secara sukarela.
Unsur-unsur bersifat (indikator) di dalam perbuatan kemanusiaan adalah
a. di ketahui atau dimengerti
b. disengaja atau sukarela : timbul dari potensi
c. bebas : sukarela/disengaja
 Intelek: berniat dan bertujuan kepada suatu yang baik dan kemauan mengarah kepada yang kekal
 Perbuatan sukarela adalah perbuatan yang dikehendaki yaitu tidak dipaksakan pada seseorang dari luar dan bukan perbuatan yang timbul secara spontan dari dalam.

II. Kesenjangan
Merupakan unsur esensial dalam perbuatan kemanusiaanmaka haruslah diperikasa lebih mendalam

III. Kesengajaan positif dan negatif
Perbedaannya: not willing tidak ada perbuatan kemauan di dalamnya dan karena tidak ada unsur kesengajaan. Willing not to do: mengandung di dalamnya perbuatan kemauan, suatu dengan sengaja atau penolakandengansengaja dan inilah kesengajaan yang benar-benar.



C. Perbuatan dan sistem penilaian
Titik berat penilaian etika sebagai ilmu, ialah pada perbuatan baik atau jahat, susila atau tidak susila 3 tahap (lavel):
1. tingkat pertama: semasih belum lahir jadi perbuatan masih berupa rencana dalam hati.
2. tingkat ke dua: sesudah berupa perbuatan nyata
3. tingkat ke tiga: akibat atau hasil dari perbuatan

D. Tanggung jawab
Seseorang mau bertanggung jawab karena adanya kesadaran atau adanya keinsyafan atas segala perbuatan dan akibat dan atas kepentingan pihak lain. tanggung jawab adalah ciri manusia beradap.
a. Pengertian tanggung jawab menurut Ensiklopedi umum ”kewajiban dalam melakukan tugas tertentu”.
b. WJS. Poerwodarminto ”suatu yang menjadi kewajiban untuk dilaksanakan dibahas dan sebagainya”.
c. Drs. Suyadi MP : ”kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja, tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya”.

Macam tanggung jawab:
a. tanggung jawab pada diri sendiri
b. tanggung jawab terhadap manusia
c. tanggung jawab terhadap lingkungan
d. tanggung jawab tehadap Tuhan


Kalau menurutmu tanggunga jawab apa? (^_^) Selengkapnya...

tanggung jawab moral

Di dalam jurusan sekretaris terdapat mata kuliah Etika Profesi yang mengajarkan kepada mahasiswa tentang tindakan dan tanggung jawab seseorang di dalam dunia kerja/dunia bisnis.

A. Kesadaran dalam hal bertindak
Berupa kesadaran moral, yaitu suatu keinsyafan akan adanya kaidah kesusilaan, walaupun potensi atau dasar untuk itu barang kali sudah dimiliki sejak ia masih di dalam kandungan.
Penilaian melalui pikiran dan juga mungkin melalui perasaannya tersebut sering disebut sebagai penilaian etis atau moral.
Perkembangan pikir manusia tentang moral atau tingkah laku manusia dapat dikatakan mempunyai tiga tahapan atau tiga tingkat:
1. Tingkat in stink yaitu tindakan secara feflek atau spontan dimiliki manusia dan hewan. Misalnya tersulut api, kita secara reflek menghindar, mata kita kena sinar terlalu menyilaukan atau akan kemasukan debu kita cepat-cepat memejamkannya.
2. Tingkat kebiasaan yaitu suatu yang sudah disepakati dimiliki manusia dan hewan. Misalnya menunduk bila lewat di depan orang yang lebih tua, adat ninik mamak di Minangkabau yang lain dengan patrilinial yang berlaku di Masyarakat Jawa
3. Tingkat Kesadaran yang dimiliki hanya pada manusia. Misalnya seseorang mendapatkan kebebasan untuk memutuskan dan menentukan kebebasan moralnya sendiri, oleh sebab itu ia pun harus mempertanggung jawabkan sebagai keputusan dan tanggung jawabnya sendiri.

Tahap-tahap pertumbuhan moral dari Kholberg sebagai mana diuraikan Eka Darma Putra dalam bukunya Etika Sederhana Untuk Semua. Kohlberg membedakan tiga jenjang kesadaran moral yaitu:
1. Moralitas Pra Konvensional
a. Moralitas takut hukum, didasarkan kepada ketakutan akan hukum. Misalnya jangan mencuri, jika nanti mencuri akan mendapat hukuman pidana.
b. Moral instrumental, tidak lagi didasarkan kepada perasaan takut hukum semata, tetapi didasarkan pada perhitungan akan akibat suatu perbuatan dilihat dari sudut kepentingandiri sendiri. Moralitas ini dilihat sebagai alat untuk mengurangi pederitaan sejauh mungkin. Misalnya bila saya korupsi saya tidak akan dipercaya lagi.
2. Moralitas Konvensional
a. Moralitas patuh pada masyarakat, terdapat pada masyarakat gemeinschaft atau pedesaan. Ukuran baik dan jagat tidak lagi ditetapkan diri sendiri dengan segala perhitungannya, tetapi ditetapkan masyarakat. Perbuatan baik adalah perbuatan yang memenuhi harapan masyarakat. Jahat adalah yang bertentangan dengan harapan masyarakat.
b. Moralitas Patuh Hukum, moralitas sebagai tuntutan hukum yang lebih berdimensi universal.
3. Moralitas Purna Konvensional
a. Moralitas rasional, lebih pada rasio manusia tidak lagi terkukung oleh kepatuhan kepada hukum yang berlaku seperti pada tahap sebelumnya.
b. Moralitas suara hati, keputusan moral tidak hanya didasarkan kepada pertimbangan rasional tetapi didasarkan kapada suara hati yaitu desakan yang terdapat dalam kehidupan batin manusia untuk menimbang nimbang perilakunya, apakah keputusan ini diambil atau ditinggalkan.

Dalam tahap pra konvensional dan konvensional tuntutan moral bersifat: heteronom adalah ditetapkan oleh pihak di luar pelakunya. Moralitas rasioanal tuntutan moral bersifat otonom adalah tuntutan yang berasal dari pelakunya. Selengkapnya...

Selasa, 02 Maret 2010

Foto Kunjungan Industri Kampus II



Saat-saat yang indah jika pergi study tour dengan semua jurusan di Pratama Mulia Ska. Kenangan diwaktu Study tour selalu terbayang di benak masing-masing mahasiswa. Study tour ke Jakarta selama 4 hari 3 malam, menginap di hottel belakang ragunan.. hemm ngeri banget.. bisa lihat kecengan, bisa bareng dengan orang yang kita sayangi, bisa lihat wajah temen-temen kita saat bangun tidur, bisa berbagi makanan. Terlebih lagi kita bisa foto-foto di tempat-tempat yang sedang dikunjungi. Study Tour kemarin mahasiswa Pratama Mulia SKA mengadakan kunjungan di Martha tilaar berto, YOU C 100, Studio TransTV, kemudian Indofood. Hemm semuanya dapat oleh-oleh, seru banget.. Selengkapnya...

Macam Surat Niaga

PT. GAYA LISTRIK

JL. IMOGIRI 51

SURABAYA


145/PB/11/2000 30 January 2000

Kepada perusahaan keramik “PRAMBANAN”

Jl. Cimanggis 98

Jakarta

PENERIMAAN BARANG

Dengan hormat,

Dengan gembira kami kabarkan kepada Tuan, bahwa pengiriman 2 buah Hoogspanning isolator R.M. 23, yang kami minta secara lisan pada tanggal 3 January 2000 pada pertemuan di rumah Direksi tanggal 10 January 2000 melalui utusan Tuan, telah kami terima dengan baik.

Pada tanggal 12 January 2000 isolator tersebut telah kami coba denga penelitian teus menerus selama hamper tiga bulan di laboratorium kami dan pada tanggal 28 Maret 2000 kami telah memutuska secara bulat, bahwa isolator tersebut adalah yang pertama kali dimuat dan dirancang oleh bangsa Indonesia sndiri berhasil dengan memuaskan sekali. Bahkan standarisasinya sama dengan buatan sienmens.

Kami atas nama seluruh direksi, staff ahli dan para karyawan mengucapkan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tuan dan para pembantu Tuan seluruhnya. Dan dalam waktu singkat ini kami akan menyampaikan kepada Tuan laporan selengkapnya mengenai data-data pengujian tersebut mulai dari tegangan 10 KV sampai 150 KV.

Demikianlah, sekali lagi kami ucapkan selamat.

Hormat kami,

PT. GAYA LISTRIK

HARYANTO

(Direktur)

TOKO “SERBA MODERN”

Jl. Pemuda No. 17

Surabaya


Nomor : 325/II/SK/00 16 January 2000

Lamp : -

Hal : Permintaan Daftar Harga Kepada firma SAKURA & CO

Jl. Hayam Wuruk 145

JAKARTA

Dengan hormat,

Dengan gembira kami kabarkan kepada tuan, bahwa sejak bulan yang lalau kami selain menjual barang-barang kelontong dan berbagai macam pakain jadi, juga telah diperluas dengan menjual berbagai arloji dan jam dinding

Sehubungan dengan itu kami harap Tuan dapat memberikan kepada kami “Daftar Harga” arloji import ex Swiss atau Jepang yang ada dalam persediaan Tuan.

Oleh karina kami baru pertama kali mengadakan hubungan dagang dengan Tuan, maka kami ingin diberi penjelasan mengenai syarat-syarat pembayaran penyerahan dan discount yang dapat Tuan berikan. Disamping itu bila ada brosur tentang barang-barang tersebut hendaknya Tuan jelaskan lagi tentang arloji-arloji tersebut.

Atas perhatian tuan kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Toko “ SERBA MODERN”

Suharjo

Pemilik

PT. GAYA LISTRIK

JL. IMOGIRI 51

SURABAYA


145/PB/11/2000 30 January 2000

Kepada perusahaan keramik “PRAMBANAN”

Jl. Cimanggis 98

Jakarta

PENERIMAAN BARANG

Dengan hormat,

Dengan gembira kami kabarkan kepada Tuan, bahwa pengiriman 2 buah Hoogspanning isolator R.M. 23, yang kami minta secara lisan pada tanggal 3 January 2000 pada pertemuan di rumah Direksi tanggal 10 January 2000 melalui utusan Tuan, telah kami terima dengan baik.

Pada tanggal 12 January 2000 isolator tersebut telah kami coba denga penelitian teus menerus selama hamper tiga bulan di laboratorium kami dan pada tanggal 28 Maret 2000 kami telah memutuska secara bulat, bahwa isolator tersebut adalah yang pertama kali dimuat dan dirancang oleh bangsa Indonesia sndiri berhasil dengan memuaskan sekali. Bahkan standarisasinya sama dengan buatan sienmens.

Kami atas nama seluruh direksi, staff ahli dan para karyawan mengucapkan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tuan dan para pembantu Tuan seluruhnya. Dan dalam waktu singkat ini kami akan menyampaikan kepada Tuan laporan selengkapnya mengenai data-data pengujian tersebut mulai dari tegangan 10 KV sampai 150 KV.

Demikianlah, sekali lagi kami ucapkan selamat.

Hormat kami

PT. GAYA LISTRIK

HARYANTO

(Direktur)

PT. INTI KOMPUTER

Jl. Pacuan Kuda No. 15 Pulo Mas Jakarta Timur

Telp. 7890068

371/PK/X/00 10 February 2000

Yth. Pimpinan Kursus Wiraswasta

Jalan Kalibata Raya No. 42

Jakarta

Hal : Pesanan Saudara No. 322/A/2000

Dengan hormat,

Kami mengucapkan terima kasih atas surat pesanan saudara No. 34/S/HL/2000 untuk Komputer IBM TX 041. tetapi dengan sangat menyesal kami beritahukan bahwa akibat inflasi yang tidak menentu sekarang ini, kami tidak dapat lagi mempertimbangkan penjualan computer tersebut secara kredit. Untuk itu kami mohon maaf.

Namun jika saudara tidak keberatan kami sarankan agar saudara menganti pesanan tersebut dengan Komputer IBM TX 041. harga Komputer ini jauh lebih murah sedangkan kemampuannya tidak jauh berbeda dari type TX 041. Bersama ini kami kirimkan brosure computer tersebut.

Jika saudara menyetujui saran kami ini, harap memberi kabar dengan segera agar kami dapat mempersiapkan pengiriman lebih awal.

Wassalam

Rina Sari

Direktris

Lampiran : Brosur

Py/tr

SUMBER REJEKI

Jalan Pahlawan 78

SURABAYA

Nomor : 123/sr/97 20 January 1997

Lamp : 1 helai Kepada

Hal : Pesanan Kipas Angin PT. NASIONAL

Merk “NASIONAL” GLOBAL

PO.BOX No. 1

Kramatjati

Jakarta

Dengan hormat,

Dengan ini kami mintalah kesidiaan tuan mengirimkan kepada kami 2(dua) buah kipas angina merk “NASIONAL” TYPE F30 TNB ukuran 13 inci harga Rp. 78.000.000,00 perbuah dengan perantaraan bis malam ekspress “Bayangkara”.

Uang pembayaran kopas angina tersebut sebesar Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) telah kami kirimkan hari ini ke alamat tuan melalui Bank Bumi Daya Cabang Surabaya. Copy tanda bukti peniriman uang kami lampirkan pada surat ini.

Bila mutunya memang susuai dengan keterangan teknis seperti yang tercantum dalam brosurnya sudah pasti kami akan memesan lagi dalam jumlah yang lebih besar. Untuk itu kami harapkan tuan dapat memberikan disbount yang memuaskan.

Kami harap kipas angina itu dapatkami terima dalam minggu ini juga. Sambil menunggu kiriman tuan sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

CV. SUMBER REKELO

SURYANTO

DIREKSI

PT. SEPATU NASIONAL

Jl. Pasar Minggu No. 25

JAKARTA

5 Maret 2000

Nomor : 75/V-II/G/2000

Lamp : 1 helai

Hal : Penawaran Harga Sepatu “NIKE”

TOKO BUKIT BARISAN

Jl. Gajah Mada 17

Bukit Tinggi

Dengan hormat,

Seperti saudara maklum, menjelang penyelenggaraan pesta olah raga Internasional bulan Nopember yang akan datang kami telah membuka perusahaan sepatu nasional “NIKE” dengan mempergunakan mesin morern dan tenaga kerja yang sudah terlatih serta berpengalaman kami memberikan jaminan atas sepatu keluarga pabrik kami.

Dari daftar harga yang kami lampirkan pada surat ini saudara dapat melihat, bahwa harga sepatu yang kami tawarkan ini adalah jauh lebih rendah dari pada harga sepatu “Glote” yang tersebut itu. Namun demikian model dan kualitas ditanggung lebih baik dari yang lain.

Untuk pengiriman barang silahkan menurut keinginan pemesan dan untuk daerah luar Jawa biasanya dikirimkan melalui kapal laut dengan biaya pengakutan ditanggung pemesan.

Kami percaya saudara tidak akan melewatkan kesempatan yang baik ini, dan sambil menunggu pesanan saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. SEPATU NASIONAL

Drs. Sujatmo Kartopadi

Manajemen Penjualan

TOKO RADIO/TV MODERN

Jl. Serayu 14

MEDAN

No : 251/II/F/2000 5 Maret 2000

Lamp : 1 helai

Hal : Pesanan Pesawat TV

PT. SHARP INDONESIA

Jl. Otto iskandardinata 21

JAKARTA

Dengan hormat,

Surat saudara tertanggal 12 February 2000 No. 43/X/200 besetya 1 helai lampiran harga TV Merk Sharp Asembling perusahaan saudara telah kami terima dengan gembira.

Berdasarkan daftar harga tersebut kami minta agar segera dikirim pesawat TV Merk Sharp dengan Type dan ukuran sebagai berikut:

- 5 buah type 10B-10A ukuran 14” @Rp. 450.000 = 2.250.000

- 5 buah type 202-10A ukuran 20” @ Rp. 675.000 = 3.750.000

Discount 15%

Dengan harga fob Tanjung Emas.

Uang pembayaran TV tersebut ebesar 75% telah kami kirimkan melalui BNI 46 cabang medan pada hari ini dan copy tanda bukti pengiriman uang terlampir. Sedangkan sisanya sebesar 25% lagi sesuai dengan surat saudara tersebut diatas akan dibayar setelah barang-barang tersebut kami terima.

Kami harap barang-barang tersebut dapat diterima selambat-lambatnya pertengahan bulan depan.

Atas perhatian saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Toko Radio/TV Medan

Drs. Amel Darmadel

Manajer

PT. KENCONO UNGU

Jalan Jendral Sudirman

SURABAYA

46/P/II/2000

PT. JASA ELEKTRONIK

Jl. Budi Mulyono

JAKARTA UTARA

Hal : Permintaan pengawasan Peralatan Kantor

Dengan hormat,

Dengan gembira kami kabarkan kepada saudara, bahwa PT. Kencono Ungu yang berdiri sejak tahun 1965,berusaha dibidang kerajinan. Dan perusahaan kami akan membuka cabang di wilayah Solo.

Sehubungan dengan itu, kami harap sudah dapat memberikan informasi kepada kami tentang peralatan kantor seperti mesin ketik, computer, buku, pena, dan pera;atan kantor yang lain.

Oleh karena perusahaan kami baru pertama kali mengadakan hubungan dengan saudara, maka kami ingin diberi penjelasan mengenai syarat-syarat pembayaran, pengiriman, discount yang dapat saudara berikan, dll. Disamping itu bila ada brosur tentang barang tersebut hendaknya saudara dapat mengirimkan kepada kami, agar kami dapat mengetahui lebih jelas lagi tentang peralatan kantor.

Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

PT. KENCONO UNGU

Gregorius

Personel Manajer

Selengkapnya...

mahasiswa sebagai intelektual

PERANAN MAHASISWA DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL

Pertumbuhan dan perkembangan generasi muda pada umumnya dan mahasiswa dapa khususnya menyangkut masa depan bangsa dan Negara, terutama dalam segi pembentukan manusia Indonesia seutuhnya, manusia Pancasila, warga Negara yang baik, yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup bangsa dan Negara melalui pembangunan Nasional sesuai dengan tahap-tahapnya.

Dalam masa pembangunan peranan lembaga pendidikan tinggi dan peranan kaum intelektual sangat diperlukan, khususnya dalam menggerakkan masyarakat memanfaatkan sumberdaya alam, sumberdaya manusia dan sumber daya nasional. Karena mahasiswa sebagai intelektual merupakan potensi vital dan strategis yang mempunyai masalah nasional yang penting.

Penanan Politeknik Pratama Mulia Surakarta dalam pengembangan Mahasiswa

Politeknik Pratama Mulia Surakarta bertanggung jawab untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa yang meliputi pengembangan daya pikir, pembangunan kekuatan penalaran atau akal ke cakrawala yang lebih luas dan kemampuan serta karya/ketrampilan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Peranan POLITAMA bersifat tutwuri handayani, dalam bentuk bimbingan, pemberian informasi, stimulasi, bimbingan pengawasan dan bahkan juga arahan bila diperlukan. Nah dapat disimpulkan bahwa POLITAMA itu ikut berusaha untuk menciptakanmanusia yang dapat membantu memberikan kemampuan untuk menghasilkan lulusan dengan kualitas yang lebih baik. Pengertian tersebut tidak lepas dari perkembangan subsistem pendidikan tinggi sebagai lembaga pendidikan seluruhnya.

Di dalam Politeknik Pratama Mulisa Surakarta atau biar singkatnya disebut POLITAMA juga memiliki wadah kegiatan kemahasiswaan. Pembantu Direktur bidang kemahasiswaan (PD III) yang sekarang dijabat oleh Bpk. Taufik Nurhidayat, S.Kom ditugaskan membantu Direktur untuk pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan, baik sebagai pribadi maupun organisasi.

Pengembangan gagasan dalam suasana kekeluargaan, musyawarah mufakat diharapkan akan memperkokoh persatuan, kesatuan dan kerukunan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia pada umumnya dan khususnya sebagai keluarga besar Politeknik di masa mendatang. Berbagai wadah kegiatan mahasiswa yang terdapat di POLITAMA antara lain dibidang:

  1. Pembinaan mental
  2. Kerohanian
  3. Olahraga
  4. Seni budaya
  5. Pers Kampus

Pimpinan POLITAMA telah menetapkan pengembangan yang meliputi:

  1. Pengembangan program
  2. Pengembangan Kelembagaan
  3. Pengembangan SDM

Untuk mahasiswa yang merasa kurang mampu dalam hal ekonomi POLITAMA memberi kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan beasiswa loh.. jadi jangan khawatir dan berkecil hati, kalau kita ada kemauan yang keras pasti akan ada jalan, dan kita dapat menuai hasil dari kerja keras yang telah kita perjuangkan selama ini.

Selengkapnya...

Senin, 01 Maret 2010

ETIKA PROFESI

Pada jurusan Sekretaris diberikan mata kuliah mengenai Etika Profesi di dalamnya membahas tentang:

1. Etika sering juga disebut etik berasal dari kata yunani ”ethos” artinya norma-norma, nilai-nilai, kaidahh-kaidah bagi tingkah laku manusia yang baik. Menurut Drs Sidi Goalba disebutkan bahwa etika ialah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk sejauh yang dapat ditentukanoleh akal.

Menurut pandangan para ahli etika sebenarnya tidak hanya ukuran perilalu yang baik saja, bahkan merupakanteori yang membedakan baik dan buruk sesuai dengan tingkat kecerdasan akan amanusia. Dengan kata lain bahwa etika atau etik tidak lai adalah aturan perilaku adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskanmana yang dianggap baik dan mana yang dianggap buruk.

Dalam A Hand Book Of christion Ethica disebutkan bahwa prinsip-prinsip moral yang benar berkembang menjadi tindakan kebiasaan, karakter. Menurut ilmu nirmatif manusia dipandang sebagai tenaga moral, mempertimbangkan tindakan, kebiasaan, karakter dengan tujuan yang benar atau salah serta kecenderungan kepada yang baik dan yang buruk.

2. Etiket berasal dari bahasa Prancil ”etiquette” yang artinya kartu undangan. Setiap kartu undangan dahulu dicantumkan peraturan yan gsesuai dengan kedidikan sosialnya. Misal aturan cara berbusana, bersikap, berbicara, tempat duduk dsb. Peraturan tersebut sekarang dikenal denan istilah protokoler. Pedoman tata cara pergaulan atau etiket harus menjadi pedoman pula bagi sorang sekretaris. Sebagai sekretaris harus trampil melakukan etiket pergaulan baik di kantor maupun diluar kantor sebagai sifat etis kepribadian profesionalnya.
3. Kode Etik adalah norma yang berlaku dilingkungan profesi tertentu. Menurut Drs. OP. Simarangkir: kode etik ialah persetujuan bersama yang timbul dari diri sendiri untuk lebih mengarahkan perkembangan mereka sesuai dengan nilai-nilai ideal yang diharapkan.

Kode etik yang terdapat pada organisasi profesi, pada umumnya memiliki peraturan dan pedoman etika maupun etik profesional yang merupakan hasil musyawarah dan mufakat para anggota kelompok profesi yang dihormati, ditaati dan dipraktekan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Apabila ada pelanggaran terhadap kode etik menyebabkan si pelaku akan mendapatkan cela atau noda karena telah ingkar dari kode etik. Sebagai akibat yang paling jelek bagi anggota yang ingkar serta melanggarnya berarti telah menodai korp profesinya. Akibatnya kepercayaan dankewibawaan dari masyarakat terhadap korps secara keseluruhan.

4. Norma berasal dari bahasa Belanda ”norm” artinya patokan hukum, kaidah hukum atau aturan. Di dalam bahasa Arab, norma disebut kaidah. Horma yang berisi hal-hal yang sangat mengikat menurut kaidah hukumnya disebut dengan hal-hal yang normatif yang pada umumnya dapat diterima oleh berbagai pihak.
5. Moral berasal dari bahasa latin ” mores” sedangkan dalam bahasa kita dikenal dengan istilah ”sila”. Manusia bermoral adalah manusia susila atau manusia yang mengetahui dan melaksanakan peraturan hidup yan glebih baik sesuai dengan ajaran yang diterima masyarakat.

Moral diterapkan di dalam masyarakat, setiap anggota masyarakat akan bertindak, berfikir, berperilaku sesuai dengan moral yan gmenjadi panutan mereka itu.
Selengkapnya...

Followers

About Me

CV dari Kajur D3 Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA Surakarta. NAMA LENGKAP : Hj. Siti Achaliyah, S.Sos NAMA PANGGILAN : Lia ALAMAT : Perum Mutiara Indah, Gang II, BB 08, Kudu, Baki Sukoharjo E-MAIL : liapolitama@gmail.com PENDIDIKAN : 1. S1 FISIP UNS lulus tahun 1994 2. D3 ASMI Surakarta lulus tahun 2001 (Relevansi) 3. Studi lanjut S2 Magister Administrasi Publik UNS tahun 2008 PEKERJAAN : Dosen INSTANSI : Politeknik Pratama Mulia Surakarta Jl. Haryo panular 18A Surakarta JABATAN : Ketua Jurusan Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA KEORGANISASIAN : 1. ASESOR Badan Akreditasi Nasional (BAN PNF) 2. Trainner & Konsultan Manajemen pada Lembaga Pengembangan Profesi Mitra Usaha Mandiri 3. Pengurus Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran dan sekretaris Indonesia (LSP APSI) cabang Surakarta, Bidang Akreditasi 4. Pengurus ISI (Ikatan Sekretaris Indonesia) Cab Surakarta 5. Verifikator Ujian Tugas AkhirSMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 6. Penguji Uji Kompetensi Produktif SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 7. Penuji Uji Kompetensi Keahlian SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 8. Juri lomba LKS Bidang Administrasi Perkantoran Tingkat Kabupaten di Jawa Tengah