Jumat, 23 April 2010

JURUSAN-JURUSAN DI POLITAMA

06.54 by Hj. Siti Achaliyah, S.Sos ·
Label:

Politeknik Pratama Mulia Surakarta memiliki 8 Jurusan yang diunggulkan.
1. D3 Teknik Mesin
Mahasiswa Teknik Mesin disiapkan untuk mampu merancang, menguasai proses permesinan, analisis, pengawasan, perawatan, perbaikan dalam prosis manufaktur dan fabrikasi, kendali, pengelolaan proses produksi dan pemeliharahaan mesin.
Lulusan dari program studi ini dapat mengisi posisi sebagai teknisi, Supervisor, pemasaran di perusahaan Manufacturing, Otomotif, Kontruksi, Karoseri, beragam industri pembangkit tenaga listrik, Instruktur serta mampu berwirausahaa.

2. D3 Teknik Otomotif
Politeknik Pratama Mulia Menyiapkan SDM untuk menguasai:
a. pengetahuan dan ketrampilan dasar sampai aplikasi dan permasalahan otomotif
b. Menganalisa, merawat, melakukan proses perbaikan otomotif kendaraan rofa dua dan roda empat, serta memahami konsepkonsep teknologi otomotif dan penerapannya di dunia industri.
c. Lulusan dapat mengisi posisi sebagai teknisi, supervisor maupun pemasaran di perusahaan Manufacturing Otomotif, koroseri, bengkel dan dealer mobil atau motor, instruktur pelatihan dan berwirausaha.

3. D3 D1 Teknik Elektronika
Program Teknik Elektronika pada POLITAMA menyiapkan SDM yang professional dan kompeten di bidang teknik audio video, teknik pendingin, teknologi sellular, kendali dan computer otomatisasi industri. Mahasiswa diberi target ketrampilan pembagian pertahun dan kesempatan magang di industri. Dengan kompetensi tersebut, lulusan T.Elektronika akan mampu bekerja di berbagai industri baik swasta atau instransi pemerintah dan berwirausaha.

4. D3 Teknik Komputer
Menyiapkan SDM yang mampu menerapkan teknologi elekronika computer, hardware, software, pengolahan data elektroni, berwawasan industri dan tanggap terhadap perkembangan global dibidang komputerisasi. Disamping itu, juga menguasai pembrograman Interface yang berorientasi dan sistim analisa dengan teknik Relation Database Management System (saya tidak tahu apa artinya yang penting ditulis aja, tapi bagi orang-orang yang ngerti masalah komputer pasti paham soal itu). Lulusan dapat mengisi posisi sebagai teknisi, supervisor, manajer dan tenaga pemasaran pada perusahaan swasta berbagai industri, karyawan Bank, Instansi Pemerintah dan berwirausaha.

5. D3 Teknik Mesin
Menyiapkan mahasiswa menguasai pengetahuan dan ketrampilan dasar yaitu menganalisis, merawat, melakukan proses perbaikan otomotif untuk kendaraan roda dua, dibekali dengan pemahaman kendaraan roda empat dan konsep-konsep teknologi otomotif serta penerapannya di dunia industri kemitraan dengan industri otomotif akan selalu menyelaraskan perkembangan dunia kerja dengan materi belajar dan praktek. Lulusan dapat mengisi posisi sebagai teknisi, pemasaran diperusahaan Manufacturing otomotif, bengkel dan dealer motor dan mobil dan dapat berwirausaha sendiri

6. D3 Manajemen Perusahaan
Mencipkatan lulusan yang siap menjadi Enterpreneur, mampu mengelola dan mengembangkan perusahaan, mengaplikasikan strategi perusahaan dan mengelola komunikasi bisnis dalam bahasa Indonesia/Inggris. Lulusan siap dan mampu mengisi posisi sebagai tenaga manajemen, pemasaran, personalia di berbagai jenis perusahaan swasta, lembaga keuangan Bank/non Bank, BUMN/BUMD dan dapat berwirausaha.

7. D3 D1 Sekretari
Nah kalau jurusan Sekretari disiapkan untuk menguasai kesekretariatan, kearsipan, administrasi, kehumasan, manajemen perkantoran, manajemen kepagawaian, keorganisasian, penggunaan alat-alat kantor modern, aplikasi program computer, internet, publishing, korespondensi, dan berkomunikasi aktif dalam bahasa Indonesia/Inggris, stenografi, memahami dasar-dasar akuntansi. Jurusan sekretaris saya rasa malah dapat mencakup sebagian materi dari jurusan-jurusan lain. Lulusan sekretaris dapat mengisi Public relations dan tenaga administrasi di prusahaan swasta, perbankan, isntansi pemerintah dan dapat berwirausaha.

8. D3 D1 Akuntansi
Program ini menyiapkan mahasiswa sebagai tenaga akuntan yang profesional, terampil, mampu membuat konsep, menanalisis, dan memecahkan masalah pelaporan keuangan dengan prosedur Standar Akuntansi Keuangan (SAK), serta menggunakan data akuntansi dari manual ke program komputer dan mampu memeriksa laporan keuangan, menghitung pajak, mengisi SPT secara manual maupun komputer, dan membuat laporan akuntansi di beragam jenis perusahaan swasta, Bank/Non Bank, Instansi Pemerintah dan dapat mendirikan wirausaha sendiri.

9. D3 Manajemen Informatika
Menyiapkan SDM yang mampu menerapkan manajemen rekayasa informasi dalam kerangka system informasi berbasis computer. Juga memahami dan menguasai dasar logika pemrograman, algoritma pemrograman, serta penerapannya di bidang penyusunan program aplikasi komputer, merancang, membuat, menguji dan merawat perangkat lunak serta pemrograman dengan bahasi tingkat tinggi, mengelola, memelihara dan menjaga keamanan jaringan komputer. Lulusan dapat menisi posisi sebagai teknisi, supervisor, staf manajemen pada perusahaan, staf pemasaran di perusahaan software house, karyawan bank, instansi pemerintah dan dapat berwirausaha sendiri.

10. Digital Media
Jurusan ini merupakan jurusan baru dengan tujuan menyiapkan tenaga-tanaga terampil di bidang Produksi Siaran Digital, dan Operasional Siaran Digital, yang nantinya akan memenuhi kebutuhan Industri Penyiaran digital 3 layar, dengan memanfaatkan tenaga-tenaga pengajar yang telah berpengalaman sebagai praktisi di bidang penyiaran selama bertahun-tahun. Mereka juga ikut dalam merencanakan dan mengimplementasikan migrasi Siaran Analog ke Siaran Digital di Indonesia.
Program pendidikan ini, dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 6 bulan permodul. Total modul yang disiapkan ada 6 modul dengan sistem terminal, atau setara dengan Program Diploma 3 (D-3).
Pendidikan yang diberikan meliputi:
 Jurnalisme/komunikasi masa
 Pengoprasian kamera video digital
 Non-liener editing
 Dasar siaran digital untuk siaran terstrial, web TV, iptv

0 komentar:

Posting Komentar

Tulislah komentar saudara, jangan lupa tulis nama dan alamat email/facebook saudara di dalam kotak komentar, klik anonim (jika saudara belum memiliki blog) serta jangan lupa klik publikasi/poskan komentar untuk mengirim komentar saudara... Atas partisipasinya saya ucapkan terimakasih.
tulis identitas (nama&e-mail)--> tulis komentar --> klik anonim --> publikasi/poskan komentar --> finish

Followers

About Me

CV dari Kajur D3 Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA Surakarta. NAMA LENGKAP : Hj. Siti Achaliyah, S.Sos NAMA PANGGILAN : Lia ALAMAT : Perum Mutiara Indah, Gang II, BB 08, Kudu, Baki Sukoharjo E-MAIL : liapolitama@gmail.com PENDIDIKAN : 1. S1 FISIP UNS lulus tahun 1994 2. D3 ASMI Surakarta lulus tahun 2001 (Relevansi) 3. Studi lanjut S2 Magister Administrasi Publik UNS tahun 2008 PEKERJAAN : Dosen INSTANSI : Politeknik Pratama Mulia Surakarta Jl. Haryo panular 18A Surakarta JABATAN : Ketua Jurusan Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA KEORGANISASIAN : 1. ASESOR Badan Akreditasi Nasional (BAN PNF) 2. Trainner & Konsultan Manajemen pada Lembaga Pengembangan Profesi Mitra Usaha Mandiri 3. Pengurus Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran dan sekretaris Indonesia (LSP APSI) cabang Surakarta, Bidang Akreditasi 4. Pengurus ISI (Ikatan Sekretaris Indonesia) Cab Surakarta 5. Verifikator Ujian Tugas AkhirSMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 6. Penguji Uji Kompetensi Produktif SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 7. Penuji Uji Kompetensi Keahlian SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 8. Juri lomba LKS Bidang Administrasi Perkantoran Tingkat Kabupaten di Jawa Tengah