Selasa, 27 Juli 2010

PROFIL JURUSAN SEKRETARIS

Gelar sekretaris diberikan kepada seseorang yang meniti tangga karier mulai dari juru ketik sampai asisten administrasi tetapi pada umumnya resepsionis dan juru ketik berada di tingkat yang lebih rendah. Seorang sekretaris melayani para tamu dan menelephon, membuat janji dan menyusun arsip, juru steno memiliki keahlian tambahan tetapi hanya merupakan bagian dari pekerjaan steno yang terbatas pada pekerjaan mencatan dan menulis surat untuk orang banyak.
Kedudukan seorang sekretaris lebih dari seorang yang mengerjakan pekerjaan umum. Seorang sekretaris biasanya bekerja untuk satu orang dan jarang untuk lebih dari dua orang. Pada umumnya ia memerlukan keahlian steno dan mengetik tetapi seorang sekretaris harus dapat melakukan lebih dari itu. Tugas-tugasnya mencakup membuka dan mengedarkan surat, memesan barang, menyimpan arsip, menerima pesan telepon, mengadakan janji dan pertemuan, mengetik surat dan komunikasi tertulis lainnya, menyusun rencana perjalanan, menangani daftar gaji untuk bagian-bagian khusus, dan menangani dana kas kecil.
Pandangan dari jurusan sekretari meupakan kemampuan teknis atau ketrampilan untuk melakukan pekerjaan kantor memang sangat diperlukan oleh seorang sekretaris. Walaupun demikian kemampuan tersebut belum merupakan jaminan terpenuhinya syarat sebagai sekretaris yang baik, sebab daya guna dan hasil guna seorang sekretaris yang baik tidak dapat hanya dinilai dari sikap lahiriah dan keterampilan belaka. Jurusan sekretari sangat berpengaruh pada seorang sekretaris karena jurusan sekretaris memiliki pengetahuan kompetensi yang menerapkan sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang dipersyaratkan di tempat kerja. Dari pandangan tersebut untuk seorang sekretaris memiliki semangat kerja yang besar, cita-cita bagi dirinya sendiri dan pimpinan serta perusahaan. Menyusun sebuah rencana jangka pendek dan jangka panjang sebagai tujuan yang harus dicapai.
1. Tujuan Pendidikan
a. Mencetak tenaga ahli yang terampil dan mandiri dalam melaksanan tugas dan tanggung jawab di bidangnya.
b. Menghasilkan lulusan profesional sebagai sekretaris representatif.
c. Menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) di bidang kesekretarian yang memiliki kemampuan, kemandirian dalam menerapkan pengembangan pada ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidang administrasi dan komunikasi.
2. Visi dan Misi
a. Visi Jurusan atau Program Studi Sekretari Tahun 2020 jurusan sekretari merupakan pusat pendidikan dan pelatihan di bidang kesekretariatan dan manajemen.
b. Misi Jurusan atau program studi sekretari
Menghasilkan lulusan yang berkualitas pada kekmampuan mental, penguasaan bidang perkantoran, managerial dan komunikasi.
3. Profil jurusan
a. Organisasi dan manajemen
Jurusan sekretari adalah salah satu jurusan yang ada di Politeknik Pratama Mulia Surakrta. Jurusan ini mendapat ijin operasional status terdaftar sejak 1 Juni 1992 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktur Jendral Pendidikan Tinggi. Struktur organisasi jurusan sekretari berdasarkan peraturan pemerintah no 66 Th 1999 tentang pendidikan tinggi. Ketua Jurusan diangkat dan diberhentikan oleh direktur setelah mendapat persetujuan dari senat, masa jabatan Ketua atau Sekretaris program studi adalah 4 tahun dan dapat dipilih kembali dalam ketentuan tidak lebih 2 kali berturut-turut.
Tujuan menyiapkan SDM dalam kesekretariatan yang memiliki kemampuan :
1) kemandirian dan menerapkan serta mengembangkan ilmu pengertahuan dan trampilan di lingkungan kerjanya.
2) Ketrampilan menagerial yang handal dalam mengelola organisasi
3) Ketrampilan administrasi yang mengacu pada perkembangan kebutuhan dunia industri
4) Ketrampilan komunikasi baik menggunakan sarana informatika maupun penggunaan bahasa asing.
Kepentingan yang diterapkan adalah manajemen bersama atau partisipasi yaitu pimpinan jurusan mengajak bawahannya untuk terus berperan aktif terlibat dalam pengembangan jurusan dan bawahan turut berperan aktif dalam memeriksa pemecahan masalah yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar

Tulislah komentar saudara, jangan lupa tulis nama dan alamat email/facebook saudara di dalam kotak komentar, klik anonim (jika saudara belum memiliki blog) serta jangan lupa klik publikasi/poskan komentar untuk mengirim komentar saudara... Atas partisipasinya saya ucapkan terimakasih.
tulis identitas (nama&e-mail)--> tulis komentar --> klik anonim --> publikasi/poskan komentar --> finish

Followers

About Me

CV dari Kajur D3 Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA Surakarta. NAMA LENGKAP : Hj. Siti Achaliyah, S.Sos NAMA PANGGILAN : Lia ALAMAT : Perum Mutiara Indah, Gang II, BB 08, Kudu, Baki Sukoharjo E-MAIL : liapolitama@gmail.com PENDIDIKAN : 1. S1 FISIP UNS lulus tahun 1994 2. D3 ASMI Surakarta lulus tahun 2001 (Relevansi) 3. Studi lanjut S2 Magister Administrasi Publik UNS tahun 2008 PEKERJAAN : Dosen INSTANSI : Politeknik Pratama Mulia Surakarta Jl. Haryo panular 18A Surakarta JABATAN : Ketua Jurusan Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA KEORGANISASIAN : 1. ASESOR Badan Akreditasi Nasional (BAN PNF) 2. Trainner & Konsultan Manajemen pada Lembaga Pengembangan Profesi Mitra Usaha Mandiri 3. Pengurus Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran dan sekretaris Indonesia (LSP APSI) cabang Surakarta, Bidang Akreditasi 4. Pengurus ISI (Ikatan Sekretaris Indonesia) Cab Surakarta 5. Verifikator Ujian Tugas AkhirSMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 6. Penguji Uji Kompetensi Produktif SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 7. Penuji Uji Kompetensi Keahlian SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 8. Juri lomba LKS Bidang Administrasi Perkantoran Tingkat Kabupaten di Jawa Tengah