Selasa, 27 Juli 2010

DIMANAKAH SEKRETARIS BEKERJA


Sekretaris bekerja di suatu Lembaga, Badan, yang bergerak di bidang Usaha, Ilmu Pengetahuan, atau Pelayanan Kemasyarakatan, dengan tujuan membantu Lembaga atau Badan yang bersangkutan mencapai tujuannya. Lembaga atau Badan tersebut dapat berupa Perusahaan, Organisasi atau Yayasan.
Sekretariat adalah tempat atau kantor dimana sekretaris beserta para pembantunya bekerja. Sekretariat merupakan suatu unit atau bagian kerja yang bertujuan memperlancar kerja dan kegiatan perusahaan, organisasi, lembaga, baik secara keseluruhan maupun bagian per bagian, dalam rangka mencapai tujuannya. Macam atau ukuran sekretariat berbeda-beda, tergantung pada macam sekretaris dan besar kecilnya perusahaan, organisasi, atau lembaga yang didukungnya.
Selengkapnya...

PROFIL JURUSAN SEKRETARIS

Gelar sekretaris diberikan kepada seseorang yang meniti tangga karier mulai dari juru ketik sampai asisten administrasi tetapi pada umumnya resepsionis dan juru ketik berada di tingkat yang lebih rendah. Seorang sekretaris melayani para tamu dan menelephon, membuat janji dan menyusun arsip, juru steno memiliki keahlian tambahan tetapi hanya merupakan bagian dari pekerjaan steno yang terbatas pada pekerjaan mencatan dan menulis surat untuk orang banyak.
Kedudukan seorang sekretaris lebih dari seorang yang mengerjakan pekerjaan umum. Seorang sekretaris biasanya bekerja untuk satu orang dan jarang untuk lebih dari dua orang. Pada umumnya ia memerlukan keahlian steno dan mengetik tetapi seorang sekretaris harus dapat melakukan lebih dari itu. Tugas-tugasnya mencakup membuka dan mengedarkan surat, memesan barang, menyimpan arsip, menerima pesan telepon, mengadakan janji dan pertemuan, mengetik surat dan komunikasi tertulis lainnya, menyusun rencana perjalanan, menangani daftar gaji untuk bagian-bagian khusus, dan menangani dana kas kecil.
Pandangan dari jurusan sekretari meupakan kemampuan teknis atau ketrampilan untuk melakukan pekerjaan kantor memang sangat diperlukan oleh seorang sekretaris. Walaupun demikian kemampuan tersebut belum merupakan jaminan terpenuhinya syarat sebagai sekretaris yang baik, sebab daya guna dan hasil guna seorang sekretaris yang baik tidak dapat hanya dinilai dari sikap lahiriah dan keterampilan belaka. Jurusan sekretari sangat berpengaruh pada seorang sekretaris karena jurusan sekretaris memiliki pengetahuan kompetensi yang menerapkan sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang dipersyaratkan di tempat kerja. Dari pandangan tersebut untuk seorang sekretaris memiliki semangat kerja yang besar, cita-cita bagi dirinya sendiri dan pimpinan serta perusahaan. Menyusun sebuah rencana jangka pendek dan jangka panjang sebagai tujuan yang harus dicapai.
1. Tujuan Pendidikan
a. Mencetak tenaga ahli yang terampil dan mandiri dalam melaksanan tugas dan tanggung jawab di bidangnya.
b. Menghasilkan lulusan profesional sebagai sekretaris representatif.
c. Menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) di bidang kesekretarian yang memiliki kemampuan, kemandirian dalam menerapkan pengembangan pada ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidang administrasi dan komunikasi.
2. Visi dan Misi
a. Visi Jurusan atau Program Studi Sekretari Tahun 2020 jurusan sekretari merupakan pusat pendidikan dan pelatihan di bidang kesekretariatan dan manajemen.
b. Misi Jurusan atau program studi sekretari
Menghasilkan lulusan yang berkualitas pada kekmampuan mental, penguasaan bidang perkantoran, managerial dan komunikasi.
3. Profil jurusan
a. Organisasi dan manajemen
Jurusan sekretari adalah salah satu jurusan yang ada di Politeknik Pratama Mulia Surakrta. Jurusan ini mendapat ijin operasional status terdaftar sejak 1 Juni 1992 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktur Jendral Pendidikan Tinggi. Struktur organisasi jurusan sekretari berdasarkan peraturan pemerintah no 66 Th 1999 tentang pendidikan tinggi. Ketua Jurusan diangkat dan diberhentikan oleh direktur setelah mendapat persetujuan dari senat, masa jabatan Ketua atau Sekretaris program studi adalah 4 tahun dan dapat dipilih kembali dalam ketentuan tidak lebih 2 kali berturut-turut.
Tujuan menyiapkan SDM dalam kesekretariatan yang memiliki kemampuan :
1) kemandirian dan menerapkan serta mengembangkan ilmu pengertahuan dan trampilan di lingkungan kerjanya.
2) Ketrampilan menagerial yang handal dalam mengelola organisasi
3) Ketrampilan administrasi yang mengacu pada perkembangan kebutuhan dunia industri
4) Ketrampilan komunikasi baik menggunakan sarana informatika maupun penggunaan bahasa asing.
Kepentingan yang diterapkan adalah manajemen bersama atau partisipasi yaitu pimpinan jurusan mengajak bawahannya untuk terus berperan aktif terlibat dalam pengembangan jurusan dan bawahan turut berperan aktif dalam memeriksa pemecahan masalah yang ada.
Selengkapnya...

Rabu, 07 Juli 2010

Teknik Mesin, Oto, Elektro, T.kom, Akt, SE, MI, MP,


Politeknik Pratama Mulia Surakarta Jurusan-jurusan yang diunggulkan.
1. D3 Teknik Mesin
Mahasiswa Teknik Mesin disiapkan untuk mampu merancang, menguasai proses permesinan, analisis, pengawasan, perawatan, perbaikan dalam prosis manufaktur dan fabrikasi, kendali, pengelolaan proses produksi dan pemeliharahaan mesin. Lulusan dari program studi ini dapat mengisi posisi sebagai teknisi, Supervisor, pemasaran di perusahaan Manufacturing, Otomotif, Kontruksi, Karoseri, beragam industri pembangkit tenaga listrik, Instruktur serta mampu berwirausahaa.

2. D3 Teknik Otomotif
Politeknik Pratama Mulia Menyiapkan SDM untuk menguasai:
a. pengetahuan dan ketrampilan dasar sampai aplikasi dan permasalahan otomotif
b. Menganalisa, merawat, melakukan proses perbaikan otomotif kendaraan rofa dua dan roda empat, serta memahami konsepkonsep teknologi otomotif dan penerapannya di dunia industri.
c. Lulusan dapat mengisi posisi sebagai teknisi, supervisor maupun pemasaran di perusahaan Manufacturing Otomotif, koroseri, bengkel dan dealer mobil atau motor, instruktur pelatihan dan berwirausaha.

3. D3 D1 Teknik Elektronika
Program Teknik Elektronika pada POLITAMA menyiapkan SDM yang professional dan kompeten di bidang teknik audio video, teknik pendingin, teknologi sellular, kendali dan computer otomatisasi industri. Mahasiswa diberi target ketrampilan pembagian pertahun dan kesempatan magang di industri. Dengan kompetensi tersebut, lulusan T.Elektronika akan mampu bekerja di berbagai industri baik swasta atau instransi pemerintah dan berwirausaha.

4. D3 Teknik Komputer
Menyiapkan SDM yang mampu menerapkan teknologi elekronika computer, hardware, software, pengolahan data elektroni, berwawasan industri dan tanggap terhadap perkembangan global dibidang komputerisasi. Disamping itu, juga menguasai pembrograman Interface yang berorientasi dan sistim analisa dengan teknik Relation Database Management System (saya tidak tahu apa artinya yang penting ditulis aja, tapi bagi orang-orang yang ngerti masalah komputer pasti paham soal itu). Lulusan dapat mengisi posisi sebagai teknisi, supervisor, manajer dan tenaga pemasaran pada perusahaan swasta berbagai industri, karyawan Bank, Instansi Pemerintah dan berwirausaha.

5. D3 Manajemen Perusahaan
Mencipkatan lulusan yang siap menjadi Enterpreneur, mampu mengelola dan mengembangkan perusahaan, mengaplikasikan strategi perusahaan dan mengelola komunikasi bisnis dalam bahasa Indonesia/Inggris. Lulusan siap dan mampu mengisi posisi sebagai tenaga manajemen, pemasaran, personalia di berbagai jenis perusahaan swasta, lembaga keuangan Bank/non Bank, BUMN/BUMD dan dapat berwirausaha.

6. D3 D1 Sekretari
Nah kalau jurusan Sekretari disiapkan untuk menguasai kesekretariatan, kearsipan, administrasi, kehumasan, manajemen perkantoran, manajemen kepagawaian, keorganisasian, penggunaan alat-alat kantor modern, aplikasi program computer, internet, publishing, korespondensi, dan berkomunikasi aktif dalam bahasa Indonesia/Inggris, stenografi, memahami dasar-dasar akuntansi. Jurusan sekretaris saya rasa malah dapat mencakup sebagian materi dari jurusan-jurusan lain. Lulusan sekretaris dapat mengisi Public relations dan tenaga administrasi di prusahaan swasta, perbankan, isntansi pemerintah dan dapat berwirausaha.

7. D3 D1 Akuntansi
Program ini menyiapkan mahasiswa sebagai tenaga akuntan yang profesional, terampil, mampu membuat konsep, menanalisis, dan memecahkan masalah pelaporan keuangan dengan prosedur Standar Akuntansi Keuangan (SAK), serta menggunakan data akuntansi dari manual ke program komputer dan mampu memeriksa laporan keuangan, menghitung pajak, mengisi SPT secara manual maupun komputer, dan membuat laporan akuntansi di beragam jenis perusahaan swasta, Bank/Non Bank, Instansi Pemerintah dan dapat mendirikan wirausaha sendiri.

8. D3 Manajemen Informatika
Menyiapkan SDM yang mampu menerapkan manajemen rekayasa informasi dalam kerangka system informasi berbasis computer. Juga memahami dan menguasai dasar logika pemrograman, algoritma pemrograman, serta penerapannya di bidang penyusunan program aplikasi komputer, merancang, membuat, menguji dan merawat perangkat lunak serta pemrograman dengan bahasi tingkat tinggi, mengelola, memelihara dan menjaga keamanan jaringan komputer. Lulusan dapat menisi posisi sebagai teknisi, supervisor, staf manajemen pada perusahaan, staf pemasaran di perusahaan software house, karyawan bank, instansi pemerintah dan dapat berwirausaha sendiri.

9. Digital Media
Jurusan ini merupakan jurusan baru dengan tujuan menyiapkan tenaga-tanaga terampil di bidang Produksi Siaran Digital, dan Operasional Siaran Digital, yang nantinya akan memenuhi kebutuhan Industri Penyiaran digital 3 layar, dengan memanfaatkan tenaga-tenaga pengajar yang telah berpengalaman sebagai praktisi di bidang penyiaran selama bertahun-tahun. Mereka juga ikut dalam merencanakan dan mengimplementasikan migrasi Siaran Analog ke Siaran Digital di Indonesia.
Program pendidikan ini, dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 6 bulan permodul. Total modul yang disiapkan ada 6 modul dengan sistem terminal, atau setara dengan Program Diploma 3 (D-3).
Pendidikan yang diberikan meliputi:
 Jurnalisme/komunikasi masa
 Pengoprasian kamera video digital
 Non-liener editing
 Dasar siaran digital untuk siaran terstrial, web TV, iptv
Selengkapnya...

Selasa, 22 Juni 2010

LETTER

DAMPMART PLC Heywood House
19 White Road, Plymouth, Devon


WONGTO INCOPORATED Your ref :
176 High Wall Road, Kowloon Our ref : LT/MY
Hongkong
25 April 2009


Dear Sirs,

INVOICE No. FC/17289

With reference to your Invoice No. FC/17289 sent on 18 April, we must point that you have made an error in total. According to our 1122.08 the correct figure is 112.28.

We enclose our cheque for 112.28 and would be obliged if you could either let us have tour credit note for 15 or amend the invoice appropriately.

We should be obliged if you could investigate these matter.




Yours faithfully,


Lia Trisnawati
Accounts Director Selengkapnya...

Etika Dalam Setiap Profesi

Pada jurusan Sekretaris diberikan mata kuliah mengenai Etika Profesi di dalamnya membahas tentang:

1. Etika sering juga disebut etik berasal dari kata yunani ”ethos” artinya norma-norma, nilai-nilai, kaidahh-kaidah bagi tingkah laku manusia yang baik. Menurut Drs Sidi Goalba disebutkan bahwa etika ialah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk sejauh yang dapat ditentukanoleh akal.

Menurut pandangan para ahli etika sebenarnya tidak hanya ukuran perilalu yang baik saja, bahkan merupakanteori yang membedakan baik dan buruk sesuai dengan tingkat kecerdasan akan amanusia. Dengan kata lain bahwa etika atau etik tidak lai adalah aturan perilaku adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskanmana yang dianggap baik dan mana yang dianggap buruk.

Dalam A Hand Book Of christion Ethica disebutkan bahwa prinsip-prinsip moral yang benar berkembang menjadi tindakan kebiasaan, karakter. Menurut ilmu nirmatif manusia dipandang sebagai tenaga moral, mempertimbangkan tindakan, kebiasaan, karakter dengan tujuan yang benar atau salah serta kecenderungan kepada yang baik dan yang buruk.

2. Etiket berasal dari bahasa Prancil ”etiquette” yang artinya kartu undangan. Setiap kartu undangan dahulu dicantumkan peraturan yan gsesuai dengan kedidikan sosialnya. Misal aturan cara berbusana, bersikap, berbicara, tempat duduk dsb. Peraturan tersebut sekarang dikenal denan istilah protokoler. Pedoman tata cara pergaulan atau etiket harus menjadi pedoman pula bagi sorang sekretaris. Sebagai sekretaris harus trampil melakukan etiket pergaulan baik di kantor maupun diluar kantor sebagai sifat etis kepribadian profesionalnya.
3. Kode Etik adalah norma yang berlaku dilingkungan profesi tertentu. Menurut Drs. OP. Simarangkir: kode etik ialah persetujuan bersama yang timbul dari diri sendiri untuk lebih mengarahkan perkembangan mereka sesuai dengan nilai-nilai ideal yang diharapkan.

Kode etik yang terdapat pada organisasi profesi, pada umumnya memiliki peraturan dan pedoman etika maupun etik profesional yang merupakan hasil musyawarah dan mufakat para anggota kelompok profesi yang dihormati, ditaati dan dipraktekan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Apabila ada pelanggaran terhadap kode etik menyebabkan si pelaku akan mendapatkan cela atau noda karena telah ingkar dari kode etik. Sebagai akibat yang paling jelek bagi anggota yang ingkar serta melanggarnya berarti telah menodai korp profesinya. Akibatnya kepercayaan dankewibawaan dari masyarakat terhadap korps secara keseluruhan.

4. Norma berasal dari bahasa Belanda ”norm” artinya patokan hukum, kaidah hukum atau aturan. Di dalam bahasa Arab, norma disebut kaidah. Horma yang berisi hal-hal yang sangat mengikat menurut kaidah hukumnya disebut dengan hal-hal yang normatif yang pada umumnya dapat diterima oleh berbagai pihak.
5. Moral berasal dari bahasa latin ” mores” sedangkan dalam bahasa kita dikenal dengan istilah ”sila”. Manusia bermoral adalah manusia susila atau manusia yang mengetahui dan melaksanakan peraturan hidup yan glebih baik sesuai dengan ajaran yang diterima masyarakat.

Moral diterapkan di dalam masyarakat, setiap anggota masyarakat akan bertindak, berfikir, berperilaku sesuai dengan moral yan gmenjadi panutan mereka itu.
Selengkapnya...

Followers

About Me

CV dari Kajur D3 Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA Surakarta. NAMA LENGKAP : Hj. Siti Achaliyah, S.Sos NAMA PANGGILAN : Lia ALAMAT : Perum Mutiara Indah, Gang II, BB 08, Kudu, Baki Sukoharjo E-MAIL : liapolitama@gmail.com PENDIDIKAN : 1. S1 FISIP UNS lulus tahun 1994 2. D3 ASMI Surakarta lulus tahun 2001 (Relevansi) 3. Studi lanjut S2 Magister Administrasi Publik UNS tahun 2008 PEKERJAAN : Dosen INSTANSI : Politeknik Pratama Mulia Surakarta Jl. Haryo panular 18A Surakarta JABATAN : Ketua Jurusan Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA KEORGANISASIAN : 1. ASESOR Badan Akreditasi Nasional (BAN PNF) 2. Trainner & Konsultan Manajemen pada Lembaga Pengembangan Profesi Mitra Usaha Mandiri 3. Pengurus Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran dan sekretaris Indonesia (LSP APSI) cabang Surakarta, Bidang Akreditasi 4. Pengurus ISI (Ikatan Sekretaris Indonesia) Cab Surakarta 5. Verifikator Ujian Tugas AkhirSMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 6. Penguji Uji Kompetensi Produktif SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 7. Penuji Uji Kompetensi Keahlian SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 8. Juri lomba LKS Bidang Administrasi Perkantoran Tingkat Kabupaten di Jawa Tengah