Jumat, 23 April 2010

TANGGUNG JAWAB MORAL MANUSIA

B. Perbuatan Kemanusiaan
Dalam usaha manusia mencapai tujuan adalah melalui perbuatan atau aksi. Perbuatan manusia tersebut secara esensial menentukan tercapainya tindakan tujuan hidup manusia itu. Dari uraian St. Thomas maka perbuatan atau aksi dibedakan atas 2 macam:
1. perbuatan kemanusiaan (human act, actus humanus) perbuatan dengan pengertian dan kemauan, yang dilakukan di bawah kontrol budi dan will bebas.
2. perbuatan seseorang mausia (act of a man, actus humanus) adalah perbuatan kebetulan manusia yang dilakukan akan tetapi di dalam melakukannya tidak di bawah kontrol budi dan will bebas, jadi tanpa pengertian dan kebebasan.

I. Indikator-indikator perbuatan kemanusiaan.
St. Thomas mengatakan disebut perbuatan kenamusiaan ialah perbuatan-perbuatan yang dikuasai oleh budi dan willnya.
• Budi adalah perbuatan yang disadari dan atas dorongan hato nuraninya.
• Will adalah kehendak bebasnya tanpa adanya paksaan dan dilakukan secara sukarela.
Unsur-unsur bersifat (indikator) di dalam perbuatan kemanusiaan adalah
a. di ketahui atau dimengerti
b. disengaja atau sukarela : timbul dari potensi
c. bebas : sukarela/disengaja
 Intelek: berniat dan bertujuan kepada suatu yang baik dan kemauan mengarah kepada yang kekal
 Perbuatan sukarela adalah perbuatan yang dikehendaki yaitu tidak dipaksakan pada seseorang dari luar dan bukan perbuatan yang timbul secara spontan dari dalam.

II. Kesenjangan
Merupakan unsur esensial dalam perbuatan kemanusiaanmaka haruslah diperikasa lebih mendalam

III. Kesengajaan positif dan negatif
Perbedaannya: not willing tidak ada perbuatan kemauan di dalamnya dan karena tidak ada unsur kesengajaan. Willing not to do: mengandung di dalamnya perbuatan kemauan, suatu dengan sengaja atau penolakandengansengaja dan inilah kesengajaan yang benar-benar.



C. Perbuatan dan sistem penilaian
Titik berat penilaian etika sebagai ilmu, ialah pada perbuatan baik atau jahat, susila atau tidak susila 3 tahap (lavel):
1. tingkat pertama: semasih belum lahir jadi perbuatan masih berupa rencana dalam hati.
2. tingkat ke dua: sesudah berupa perbuatan nyata
3. tingkat ke tiga: akibat atau hasil dari perbuatan

D. Tanggung jawab
Seseorang mau bertanggung jawab karena adanya kesadaran atau adanya keinsyafan atas segala perbuatan dan akibat dan atas kepentingan pihak lain. tanggung jawab adalah ciri manusia beradap.
a. Pengertian tanggung jawab menurut Ensiklopedi umum ”kewajiban dalam melakukan tugas tertentu”.
b. WJS. Poerwodarminto ”suatu yang menjadi kewajiban untuk dilaksanakan dibahas dan sebagainya”.
c. Drs. Suyadi MP : ”kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja, tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya”.

Macam tanggung jawab:
a. tanggung jawab pada diri sendiri
b. tanggung jawab terhadap manusia
c. tanggung jawab terhadap lingkungan
d. tanggung jawab tehadap Tuhan


Kalau menurutmu tanggunga jawab apa? (^_^)

1 komentar:

ave mengatakan...
23 April 2010 08.18

untuk perbuatan manusia kayknya dah bgus smua artikelnya,,,
mungkin sosialisai terhadap sesama karyawan dan orang2 diluar lingkungan kerja perlu dikembangkan

Posting Komentar

Tulislah komentar saudara, jangan lupa tulis nama dan alamat email/facebook saudara di dalam kotak komentar, klik anonim (jika saudara belum memiliki blog) serta jangan lupa klik publikasi/poskan komentar untuk mengirim komentar saudara... Atas partisipasinya saya ucapkan terimakasih.
tulis identitas (nama&e-mail)--> tulis komentar --> klik anonim --> publikasi/poskan komentar --> finish

Followers

About Me

CV dari Kajur D3 Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA Surakarta. NAMA LENGKAP : Hj. Siti Achaliyah, S.Sos NAMA PANGGILAN : Lia ALAMAT : Perum Mutiara Indah, Gang II, BB 08, Kudu, Baki Sukoharjo E-MAIL : liapolitama@gmail.com PENDIDIKAN : 1. S1 FISIP UNS lulus tahun 1994 2. D3 ASMI Surakarta lulus tahun 2001 (Relevansi) 3. Studi lanjut S2 Magister Administrasi Publik UNS tahun 2008 PEKERJAAN : Dosen INSTANSI : Politeknik Pratama Mulia Surakarta Jl. Haryo panular 18A Surakarta JABATAN : Ketua Jurusan Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA KEORGANISASIAN : 1. ASESOR Badan Akreditasi Nasional (BAN PNF) 2. Trainner & Konsultan Manajemen pada Lembaga Pengembangan Profesi Mitra Usaha Mandiri 3. Pengurus Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran dan sekretaris Indonesia (LSP APSI) cabang Surakarta, Bidang Akreditasi 4. Pengurus ISI (Ikatan Sekretaris Indonesia) Cab Surakarta 5. Verifikator Ujian Tugas AkhirSMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 6. Penguji Uji Kompetensi Produktif SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 7. Penuji Uji Kompetensi Keahlian SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 8. Juri lomba LKS Bidang Administrasi Perkantoran Tingkat Kabupaten di Jawa Tengah