Selasa, 23 Februari 2010

SISTEM PENDIDIKAN

23.40 by Hj. Siti Achaliyah, S.Sos ·
Label:

SISTEM PENDIDIKAN

A. Sistem Kredit Semerter

Sistem pendidikan program Diploma III Politeknik Pratama Mulia Surakarta itu diselenggarakan berdasarka SKS (Satuan Kredit Semester) dengan beban studi 110-120 SKS terbagi dalam 6 (enam) semester. Dengan waktu studi s/d 10 semester, sedang untuk program Diploma I dengan beban 40 s/d 50 SKS terbagi dalam 2 semester dengan penajamam profesionalisme.

Sistem Kredit Semester adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dimana beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan dinyatakan dalam kredit. Satu semester setara dengan 16-18 minggu kerja.



Tujuan penerapan sistem kredit di perguruan tinggi di Indonesia adalah agar perguruan tinggi tersebut dapat lebih memenugi tuntutan pembangunan, karena di dalamnya dimungkinkan penyajian program pendidikan yang bervariasi dan fleksibel, sehingga memberi kemungkinan lebih luas kepada mahasiswa untuk memilih program menujusuatu macam jenjang profesi tertentu yang dituntut oleh pembangunan. Secara khusus tujuan penerapan sistem kredit adalah sebagai berikut.

1. Untuk memberikan kesembapan kepada mahasiswa yang cakap dan giat belajar agar dapat menyelesaikan studi dalam waktu singkat.

2. Untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa supaya dapat mengambil mata kuliah-mata kuliah yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan.

3. Untuk memberikan agar sistem pendidikan dengan input dan output jamak dapat dilaksanakan.

4. Untuk mempermudah penyesuaian kurikulum dari waktu ke waktu dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang pesat.

5. Untuk memberi kemungkinan agar sytem evaluasi atas kemajuan belajar mahasiswa dapat diselenggarakan dengan sebaik-baiknya.

6. Untuk memungkinkan pengalihan (transfer) kredit antara program studi dalam Politeknik Pratama Mulia Surakarta.

7. Untuk memungkinkan perpindahan mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang satu ke Perguruan Tinggi yang lain.

Kegiatan pendidikan dan pengajaran meliputi aktifitas:

1. Tatap muka terstruktur dan mandiri
2. penjelasan secara demonstrasi
3. Praktikum
4. Ceramah ilmiah dan seminar
5. Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
6. Praktek Kerja Lapangan (PKL)
7. Tugas Akhir (Rancang bangun atau Magang)

Pada semester I setiap mahasiswa diwajibkan mengikuti perkuliahan sesuai dengan paket mata kuliah yang telah ditetapkan. Selanjutnya untuk perkuliahan semerter berikutnya wajib merencanakan, memilih dan menentukan mata kuliah yang akan diambil sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

B. SATUAN KREDIT SEMESTER

Satuan kredit semester (SKS) ditentukan berdasarkan atas beban kegiatan yang meliputi keseluruhan dalam tiga macam kegiatan perminggu sebagai berikut:

1. Untuk Mahasiswa

a. Kuliah Teori

1) 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan tenaga pengajar.

2) 60 menit acara kegiatan akademik terstruktur, yaitu kegiatanstudi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh tenaga pengajar yang bersangkutan.

3) 60 menit acara kegiatan akademik mandiri yaitu kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa secara mandiri untuk mendalami, mempersiapkan atau tujuan lain suatu tugas akademik.

b. Kuliah Praktikum

1) 100-150 menit acara tatap muka terjadwal dengan tenaga pengajar.

2) 60 menit acara kegiatan akademik terstruktur, yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh tenaga pengajar yang bersangkutan.

3) 60 menit acara kegiatanakademik mandiri yaitu kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa secara mandiri untuk mendalami, mempersiapkan atau tujuan lain suatu tugas akademik.

2. Untuk Tenaga Pengajar

a. Kuliah Teori

1) 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan mahasiswa.

2) 60 menit acara perencanaan dan evaluasi kegiatan akademik terstruktur.

3) 60 menit pengembangan materi kuliah.

b. Kuliah Praktek

1) 100-150 menit acara tatap muka terjadwal dengan mahasiswa.

2) 60 menit acara kegiatan akademik terstruktur.

3) 60 menit acara kegiatan akademik mandiri yaitu kegiatan yang harus dilakukan tenaga pengajar untuk mendalami, mempersiapkan atau tujuan lain suatu tugas akademik.

C. Jumlah dan Prosedur Penentuan Beban Studi

IP Semester Yang Diperoleh


Jumlah Kredit Max Yang Boleh Diambil

>3,00

2,5 – 2,99

2,0 – 2,49

1,0 – 1,99

<>


21 - 24 SKS

18 - 21 SKS

15 - 18 SKS

12 - 15 SKS

12 <>

1 komentar:

Anonim mengatakan...
30 Juni 2010 pukul 04.58

nama`:Diyah Riyaningsih
emil :diyahriyaningsih@yahoo.co.id
thank infonya..

Posting Komentar

Tulislah komentar saudara, jangan lupa tulis nama dan alamat email/facebook saudara di dalam kotak komentar, klik anonim (jika saudara belum memiliki blog) serta jangan lupa klik publikasi/poskan komentar untuk mengirim komentar saudara... Atas partisipasinya saya ucapkan terimakasih.
tulis identitas (nama&e-mail)--> tulis komentar --> klik anonim --> publikasi/poskan komentar --> finish

Followers

About Me

CV dari Kajur D3 Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA Surakarta. NAMA LENGKAP : Hj. Siti Achaliyah, S.Sos NAMA PANGGILAN : Lia ALAMAT : Perum Mutiara Indah, Gang II, BB 08, Kudu, Baki Sukoharjo E-MAIL : liapolitama@gmail.com PENDIDIKAN : 1. S1 FISIP UNS lulus tahun 1994 2. D3 ASMI Surakarta lulus tahun 2001 (Relevansi) 3. Studi lanjut S2 Magister Administrasi Publik UNS tahun 2008 PEKERJAAN : Dosen INSTANSI : Politeknik Pratama Mulia Surakarta Jl. Haryo panular 18A Surakarta JABATAN : Ketua Jurusan Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA KEORGANISASIAN : 1. ASESOR Badan Akreditasi Nasional (BAN PNF) 2. Trainner & Konsultan Manajemen pada Lembaga Pengembangan Profesi Mitra Usaha Mandiri 3. Pengurus Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran dan sekretaris Indonesia (LSP APSI) cabang Surakarta, Bidang Akreditasi 4. Pengurus ISI (Ikatan Sekretaris Indonesia) Cab Surakarta 5. Verifikator Ujian Tugas AkhirSMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 6. Penguji Uji Kompetensi Produktif SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 7. Penuji Uji Kompetensi Keahlian SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 8. Juri lomba LKS Bidang Administrasi Perkantoran Tingkat Kabupaten di Jawa Tengah