Jumat, 18 Juni 2010

Tips Membuat Cover Letter

20.25 by Hj. Siti Achaliyah, S.Sos ·
Label:

Dalam banyak hal surat lamaran Anda sama pentingnya dengan resume Anda. Karena kebanyakan pengusaha hanya skim membaca resume, anda harus menggunakan surat pengantar Anda membawa perhatian pada apa yang membuat anda orang terbaik untuk pekerjaan. Sebuah surat pengantar harus menyertai setiap resume dikirim keluar, baik melalui surat, fax, email atau posting online. Surat pengantar disesuaikan untuk lowongan pekerjaan spesifik dan majikan.

Tujuan dari Cover Letter

Cover Letter harus bertujuan mendukung CV Anda dalam rangka mendapatkan wawancara

Tujuan dari surat lamaran Anda dan CV adalah untuk meyakinkan pengusaha untuk menghabiskan waktu dan energi yang dibutuhkan untuk wawancara Anda. Oleh karena itu surat lamaran Anda tidak boleh gambaran yang dangkal, yang rinci biografi atau penuh pujian diri. Ini harus bertujuan mendukung resume Anda dalam mendapatkan Anda sebuah wawancara – tidak lebih dan tidak kurang.
Majikan adalah mencari jawaban atas pertanyaan dasar seperti: Dapatkah Anda melakukan pekerjaan? Apakah Anda akan cocok untuk pekerjaan? Bisakah Anda membawa pengalaman khusus lainnya atau keahlian dengan Anda? Surat pengantar juga dapat menjadi tempat yang baik untuk menjelaskan poin apa pun perhatian atau mengisi kekosongan yang dapat ditemukan dalam resume Anda. Contoh:

* Mengapa Anda mengubah pekerjaan begitu banyak kali?

* Mengapa Anda ingin bekerja di luar negeri – akan Anda berkomitmen untuk jangka panjang?
* Apakah Anda mampu bekerja dalam lingkungan baru hanya memiliki bekerja di satu perusahaan-to-date?
* Daftar resume peran manajerial tertentu, tetapi apakah Anda mampu mengelola orang-orang dari budaya yang berbeda?
* Ada daftar panjang bahasa komputer, tetapi apakah Anda benar-benar ditulis dalam mereka semua?

Jenis Cover Letters

Ada berbagai format surat pengantar untuk setiap situasi. Setiap orang memiliki gaya mereka sendiri tetapi pada dasarnya Anda dapat mematahkan mereka ke berikut

5 jenis Cover Letter

1. Standar surat pengantar
2. Respon untuk sebuah iklan
3. Dingin permohonan
4. Jaringan
5. Follow up / terima kasih surat

Surat pengantar harus dicetak atau sebaiknya ditulis tangan pada kualitas kertas dan mencakup tanggal, nama kontak, judul, nama perusahaan dan alamat lengkap. Mulailah dengan Dear Mr atau Ms, nama terakhir dan mengakhiri surat Anda dengan penutup sederhana dan menandatangani nama Anda dgn terang.

Jika Anda tidak memiliki nama kontak untuk menulis ke, alamat surat Anda kepada Departemen Sumber Daya Manusia.

Format Surat

Anda harus mencoba dan menyimpan surat itu sesederhana mungkin sementara masih menyampaikan semua poin-poin penting yang ingin Anda terkesan pada pembaca. Sebagai aturan, cobalah untuk tetap turun tidak lebih dari empat paragraf dan harus mencakup:

Menyimpan surat sesederhana mungkin

Paragraf pertama:

* Posisi yang dikehendaki
* Di mana / bagaimana Anda belajar tentang posisi / perusahaan
* Minat Anda pada posisi / perusahaan

Kedua / Ketiga:

* Jelaskan mengenai pengalaman dan keahlian
* Penjelasan tentang bagaimana dan mengapa Anda memenuhi syarat untuk posisi
* Mengidentifikasi sesuatu yang signifikan tentang perusahaan
* Menarik kesejajaran antara perusahaan dan tujuan karir Anda

Keempat:

* Mengulangi minat Anda pada posisi dan perusahaan
* Sertakan tindak lanjut (akan memanggil; mengharapkan panggilan)
* Berterima kasih atas waktu dan pertimbangan
* Menindaklanjuti

Simpanlah salinan asuransi surat

Jika Anda belum pernah mendengar dari majikan dalam waktu dua sampai tiga minggu mengirimkan resume, itu dapat diterima untuk menindaklanjuti melalui surat, email dari telepon. Penting untuk diingat bahwa meskipun beberapa majikan akan mengakui penerimaan resume, yang lain tidak punya waktu untuk menanggapi – jangan membahayakan kesempatan Anda dengan menjadi marah jika Anda belum pernah mendengar untuk sementara waktu. Simpanlah salinan surat pengantar untuk referensi ketika menindaklanjuti dengan majikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Tulislah komentar saudara, jangan lupa tulis nama dan alamat email/facebook saudara di dalam kotak komentar, klik anonim (jika saudara belum memiliki blog) serta jangan lupa klik publikasi/poskan komentar untuk mengirim komentar saudara... Atas partisipasinya saya ucapkan terimakasih.
tulis identitas (nama&e-mail)--> tulis komentar --> klik anonim --> publikasi/poskan komentar --> finish

Followers

About Me

CV dari Kajur D3 Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA Surakarta. NAMA LENGKAP : Hj. Siti Achaliyah, S.Sos NAMA PANGGILAN : Lia ALAMAT : Perum Mutiara Indah, Gang II, BB 08, Kudu, Baki Sukoharjo E-MAIL : liapolitama@gmail.com PENDIDIKAN : 1. S1 FISIP UNS lulus tahun 1994 2. D3 ASMI Surakarta lulus tahun 2001 (Relevansi) 3. Studi lanjut S2 Magister Administrasi Publik UNS tahun 2008 PEKERJAAN : Dosen INSTANSI : Politeknik Pratama Mulia Surakarta Jl. Haryo panular 18A Surakarta JABATAN : Ketua Jurusan Administrasi Perkantoran dan Sekretaris POLITAMA KEORGANISASIAN : 1. ASESOR Badan Akreditasi Nasional (BAN PNF) 2. Trainner & Konsultan Manajemen pada Lembaga Pengembangan Profesi Mitra Usaha Mandiri 3. Pengurus Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran dan sekretaris Indonesia (LSP APSI) cabang Surakarta, Bidang Akreditasi 4. Pengurus ISI (Ikatan Sekretaris Indonesia) Cab Surakarta 5. Verifikator Ujian Tugas AkhirSMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 6. Penguji Uji Kompetensi Produktif SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 7. Penuji Uji Kompetensi Keahlian SMK Eks Surakarta dan Jawa Timur 8. Juri lomba LKS Bidang Administrasi Perkantoran Tingkat Kabupaten di Jawa Tengah